Wednesday, December 1, 2010

TATA IBADAH NATAL


Tata Ibadah
Ikatan Waraney-Wulan Minahasa
Tahun 2010

Nyanyian Persiapan               Acapela “Adeste Fideles”                                                                                     
(Pemasangan Lilin Advent oleh Kadim)
Instrument
·         Pemimpin ibadah mengambil tempat yang telah disediakan
·         Lampu dimatikan untuk mendramatisir keadaan.
…TARIAN…
·         Nubuatan tentang kelahiran Kristus (oleh narrator atau orang yang telah disiapkan).
Matius 2 : 6 “dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil diantara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel”
·         Mikha “Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. MIkha 5 : 1
·         Yesaya “Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. Yesaya 7:14
Bunyi sang bayi yang menangis menandakan kelahiran Yesus yang lahir.
Narrator                 Lukas: 2 : 11. Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Sang juruslamat yang dinantikan telah lahir; datang dalam kesederhanaan dan keprihatinan namun penuh kemuliaan. marilah kita bersama-sama datang memuji Dia, mengagungkan Dia serta menyembah Dia dalam Roh dan kebenaran.
P              marilah kita berdiri,  kita melagukan bersama     “Joy To The World”                                                      (Berdiri)
Tahbisan
P                              Yesus sebagai bayi natal yang diurapi akan menerangi ibadah ini dengan kemuliaan-Nya, sehingga ibadah penghayatan Natal Waraney-Wulan Minahasa pada saat ini hanya boleh jadi di dalam nama Tuhan Allah; yang adalah Bapa, Putra dan Roh Kudus.
J                              Amin                                                                                                                                      (jemaat duduk)

Band/Solo
Pengayatan kasih Allah
Narrator                 Kristus sudah datang, Datang dalam kesederhanaan. Tapi walalupun dalam kesederhanaan, Kedatangan-Nya membawa keselamatan dan damai sejahtera bagi umat manusia. Ia telah ada di dalam dunia, tetapi dunia tidak mengenal Dia, bahkan dunia tidak mau menerimaa Dia, karena mereka tidak tahu bahwa Dia adalah jalan keselamatan. Oleh sebab itu, manusia masih sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak berkenan kepada Allah. Peristiwa natal adalah titik awal manusia dilepaskan dari perhambaan dosa dan maut. Peristiwa natal harus mendahului peristiwa Kalvari dan kebangkitan Kristus, Karena tanpa peristiwa Natal maka periatiwa kalvari dan kebangkitan tidak mungkin terwujud, ketiga peristiwa ini adalah suatu rentetan kejadian yang merupakan bukti kemenangan Kristus atas dosa dan maut.

solo

Berita anugerah Allah
P                              Kemenangan Kristus atas dosa dan maut menjadi jaminan bagi orang percaya. “Bahwa mereka tidak lagi diperhamba oleh dosa dan maut, tetapi menjadi hamba kebenaran atau hamba Allah”. (rom6:17-19,22)
…Skit (adegan) (pencahayaan disesuaikan)…
Respon atas berita anugerah Allah
J              “Tuhan, jadikanlah aku alat damai sejahteraMu,
                Agar di tempat kebencian, aku membawa kasih;
                Di tempat penghinaan, aku membawa ampun;
                Di tempat perselisihan, aku membawa kerukunan;
                Di tempat kesesatan, aku membawa kebenaran;
                Di tempat kebimbangan, aku membawa pengharapan;
                Di tempat kegelapan, aku membawa terang;
                Dan di tempat dukacita, aku membawa sukacita.
                Tuhan, agar kami tidak hanya ingin dihibur,                tetapi terlebih ingin menghibur.
                Tidak hanya ingin dimengerti, tetapi menaruh pengertian;
                Tidak hanya ingin disayangi, tetapi terlebih ingin mengasihi.
                Karena dengan merelakan diri, kami menjadi kaya;
                Dengan kehilangan diri, kami memperoleh selamat;
                Dengan mengampuni, kami menerima ampun
                Dan dengan mati kami lahir pula untuk selama-lamanya. Amin. (doa Fransiskus dari Asisi)

Solo
Andaikan ku harus memilih

Penghayatan Natal
Instrument oh’ holly Night (15 detik)
Narrator                 mari kita renungkan kembali Natal pertama, saat Kristus dilahirkan. Dimana peristiwa natal ini bukan terjadi di Yerusalem, melainkan di kota kecil Betlehem; bukan di istana mewah melainkan di kandang domba yang berbau; bukan di singgasana melainkan di palungan tempat makan binatang. Apakah memakai jubah kebesaran? Tidak, melainkan dibungkus dengan lampin yang tidak tahan dengan suhu malam yang dingin. Kristus lahir dalam kesederhanaan. Selanjutnya, bayi ini terlahir bukan dari keturunan bangsawan, melainkan melalui garis keturunan yang tidak sempurna; tamar seorang perempuan sundal, rahab seorang pelacur, rut seorang moab; yang adalah orang kafir. Batsyeba perempuan yang melahirkan salomo karena diperkosa. Yusuf seorang tukang kayu dan maria seorang yang tertindas. Dari garis keturunan yang tidak sempurna inilah, Kristus lahir. Kristus lahir dari keluarga tidak berada dan sederhana. Masih ada lagi, para gembala yang bukan siapa-siapa, tidak dikenal, yang dianggap tidak bertuhan dipilih Allah untuk merayakan kelahiran bayi Natal bahkan diutus untuk memberitakan kabar sukacita yang telah mereka saksikan. Kristus lahir ditengah-tengah mereka yang memiliki status social terendah dalam masyarakat. Karena itu, marilah kita merayakan natal dengan kesederhanaan tetapi bermakna dan berguna bagi sesama. Dan, seperti para gembala. Marilah kita mengabarkan berita dan makna natal kepada semua manusia disegala tempat dan waktu..
Solo : O Holy Night (Kolaborasi Tarian 2orang penari wanita)
Oh holy night! The stars are brightly shining,
It is the night of the dear Savior’s birth.
Long lay the wolrd in sin and error pining
Till He appears and the soul felt its worth
A thrill of hope – the weary world rejoices
For yonder breaks a new and glorious morn.
Refr.    Fall on your knees, O hear the angel voices
            O night divine, O night, oh night divine!
Truly He taught us to love one another
His law is love and His Gospel is peace
Chains shall He break for the slave is still our brother
and in His Name all opression shall cease
sweet hymns of joy in grateful chorus raise we
let all within us praise His holy Name.
 (sementara lagu pemasangan lilin2 kecil yang sudah dibagikan terlebih dahulu dilakukan)
Narrator                 berita Natal itu kembali menyapa kita dengan situasi yang berbeda dengan situasi pada 2000 tahun yang lalu. Sekarang, Natal berada dalam situasi dunia modern; dimana ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Walaupun berada dalam Situasi yang berbeda, namun berita dan makna natal masih tetap sama, yaitu kedatangan sang penyelamat dunia. Tergantung dari kita sendiri untuk mengahayati berita dan makna natal sekarang ini..
..Instrument..
Narrator                 Natal kembali menyapa. Natal kembali bergema. Natal yang sama dengan situasi yang berbeda. Tentu saja setiap orang memaknai natal secara berbeda-beda. Pusat-pusat perbelanjaan; mall, department store, supermarket dan toko-toko kecil sibuk menata diri dengan pernak-pernik Natal., memberikan diskon besar-besaran, bahkan memberikan banyak bonus dan souvenir sebagai hadiah natal kepada siapa saja yang berbelanja. Stadiun televisi menawarkan berbagai program acara natal yang menarik perhatian. Bahkan kecanggihan teknologi internet yang semakin mudah diacces selalu menawarkan hal-hal yang menarik bagi kita. Namun apakah ini berita dan makna natal yang sesungguhnya? Sangat disayangkan kalau yang menjadi pusat perhatian kita dalam menghayati natal adalah hiasan-hiasan yang cantik, baju-baju yang modis, pohon terang, santaclauuss bukannya sang bayi yang lahir itu. Aneh saja, masakan sang bayi yang ulang tahunnya sedang kita rayakan hanya duduk dipojokkan untuk menyaksikan kita merayakan pesta ulang tahun-Nya tanpa melibatkan-Nya.
P                              Marilah kita merayakan natal dengan kesederhanaan namun memiliki kesan yang dalam. Natal yang dapat memberikan kebahagiaan kepada saudara-saudara kita yang berkekurangan dan tidak seberuntung kita. Natal yang bermakna dan berdampak kepada semua orang disekeliling kita. Apakah Dia yang telah datang dengan kesederhanaan, mengharapkan agar ulang tahunnya dirayakan dengan penuh kemewahan dan kemegahan? Yang diinginkan-Nya, walaupun hari jadi-Nya dihayati secara sederhana, tapi pusat perayaan semata-mata hanya untuk-Nya, bukan untuk kebahagiaan kita semata.    
Pelayanan firman
Doa
Pembacaan firman
Khotbah/ renungan natal
MEMBERI YANG TERBAIK
narasi               Ada yang memberi karena ingin menguasai;
Ada yang memberi karena merasa berhutang budi;
Ada yang memberi karena ada ketakutan;
Ada yang memberi karena mencari nama;
Ada yang memberi karena ingin mendapat;
Ada yang memberi karena sedang dilihat sesamanya;
Ada yang memberi karena mencari penghiburan batin;
Ada yang memberi untuk membungkus kebusukan hati.
P          Berbahagialah orang yang memberi karena pengalaman batinnya dengan Yang llahi, sehingga la memberi karena Yang ilahi!
Nyanyian Persembahan: boleh nyanyian jemaat maupun solo/ instrument lagu.
Doa Syukur
NASEHAT DAN BERKAT                                                                         (jemaat berdiri)
Narator           Hidup adalah tantangan …
Hidup adalah perjuangan …
Hidup adalah keindahan …
Hidup adalah impian …
Hidup adalah kegembiraan …
Hidup adalah pemberian …
Hidup adalah penderitaan …
Inilah pandangan-pandangan hidup tiap manusia, namun yang pasti jadikanlah hidupmu sebagai pemberian terindah untuk Tuhan.
P          Roma 12 : 1 “ karena itu saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah ; itu adalah ibadahmu yang sejati”.  
P          Pergilah dengan damai sejahrtera dan terimalah berkat Tuhan…
Tuhan di depanmu untuk menunjukkan jalan yang benar.
Tuhan di sampingmu untuk memelukmu dan melindungimu dari bahaya.
Tuhan di belakangmu untuk menyelamatkanmu dari rancangan orang jahat.
Tuhan ada di bawahmu untuk menyelamatkanmu jika kamu jatuh.
Tuhan ada di dalammu untuk menghiburmu jika kamu sedih.
Tuhan ada di sekelilingmu untuk membelaimu jika orang ingin menyerangmu.
Allah yang mahakuasa memberkatimu.
J           Amin…Amin…Amin…Amin…Amin…(Dinyanyikan)

No comments:

Post a Comment