Thursday, December 2, 2010

natal jemaatq


TATA IBADAH NATAL
GMIM TIBERIAS KINIAR
TONDANO
 kamis, 2 des 2010

Vocal grup ASM

PERSIAPAN IBADAH                                                                                           (jemaat duduk)
(lampu dimatikan, untuk mendramatisir keadaan)

Paduan suara pemuda/ dan remaja
“adeste fideles/ hai mari berhimpun”
(Tempat duduknya telah ditentukan, paduan suara ini akan menjadi penuntun nyanyian bagi jemaat)

PANGGILAN BERIBADAH                                                                                                      
…Bunyi  Tetenkoren…

N 1       Pada mulanya adalah firman; firman itu bersama-sama dengan Allah dan firman itu adalah Allah. firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (yesaya 1:1,14).
N 2       : marilah kita beribadah kepada-Nya yang telah menciptakan langit dan bumi serta kita manusia didalamnya, sebab; Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
TARI-TARIAN DARI ANAK SEKOLAH MINGGU

N2        Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Seorang sebagai Yohanes masuk sambil memegang lilin besar

Yohanes            Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.



P                      Jemaat diundang berdiri kita melagukan “Joy To The World”

TAHBISAN                                                                                                                          (berdiri)
P                      Ibadah perayaan menyambut Natal Yesus Kristus, GMIM jemaat “Tiberias” Kiniar ditahbiskan hanya di dalam Nama TUhan Allah; yang adalah Bapa, Putra dan Roh Kudus.
J                       Amin
P                      jemaat dipersilakan duduk kembali.                                      (Jemaat duduk)
Music bermain untuk masuk dalam adegan.

NUBUATAN DAN PENGENAPAN YANG DIPERANKAN
Adegan tentang penantian akan datangnya seorang juruslamat dunia. (untuk lebih mendramatisir, pencahayaannya dikurangi/ lampu dimatikan dan music bermain)
Mihka :            Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. MIkha 5 : 1

N 2                   TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: "Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas."

N1                    : Tetapi Ahas menjawab :
Ahas (seorang GSM)   : "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai TUHAN."
N2                    : Lalu berkatalah nabi Yesaya:
Yesaya (seorang remaja)        "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:10-14)
NYANYIAN JEMAAT  “Slamat-slamat datang”

P                      Penantian umat Allah pun terjadi. Kota yang disebut oleh nabi Mihka, yaitu kota Betlehem, menjadi tempat kelahiran Yesus Kristus. Yusuf dan maria yang dibawa oleh Tuhan Allah dari Nasaret Ke Betlehem atas perintah Kaisar Agustus, akhirnya menerima kenyataan Malaikat Gabriel. Juruslamat lahir. Terangpun menyelimuti dunia.

Se-kelompok remaja, dalam kehidupan sekarang ini sedang menantikan kedatangan tuhan dengan sikap dan tindakan kehidupan yang baik kepada Tuhan. dengan rajin beribadah dan saling membantu. *adegan ke-3 harus disiapkan@

PENGAKUAN DOSA
P                      Sekarang kita pun sedang menantikan kedatangan Tuhan kita yang kedua kali. Namun, dalam penantian ini kita melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Oleh sebab itu, marilah kita mengaku dosa dihadapan Tuhan sehingga kita menjadi layak untuk menyambut kedatangannya.
Solo dari remaja untuk mengiringi pengakuan dosa jemaat
Sebening air mata

BERITA ANUGERAH ALLAH
P                      Berbahagialah kita yang mengaku dosa dengan sungguh-sungguh dan yang rindu untuk mengarahkan kehidupan dari gelap kepada terang Kristus yang ajaib; sebab untuk itulah Yesus Kristus dilahirkan, yaitu; membawa terang untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera (Lukas 1:79).

TARIAN DARI ANAK SEKOLAH MINGGU.

PENGHAYATAN NATAL
…Slide Foto…
N1                    Menyaksikan semua ini, timbul satu pertanyaan ; “dimanakah kita dilahirkan dan ditempatkan ?(Jeda 5 detik) nah, sekarang kita melihat bahwa ada saudara-saudara kita yang lahir di tempat yang mereka diami sekarang; tapi, ada juga yang lahir di tempat yang jauh. Banyak juga yang dilahirkan dalam keluarga yang sangat miskin; bahkan ada sangat banyak saudara-saudara kita yang harus meninggalkan kampung halaman mereka karena ditimpa bencana, yang akhirnya harus hidup sebagai pengungsi di kamp pengungsi, seperti; saudara-saudara kita yang berada di kepulauan mentawai dan di wilayah Yogyakarta. Mereka meninggalkan semua harta benda mereka, di tempat pengungsian mereka hanya memperoleh sedikit makanan dan minuman, berbagi tempat tidur, berdesak-desakan, bahkan pakaian seadanya. Dengan kondisi seperti itu tentu sangat sulit bagi mereka untuk beribadah kepada Tuhan.
N2                    Bagaimana dengan kehidupan kita, jemaat GMIM “Tiberias” Kiniar?
…SLIDE foto…
N1                    Beginilah kehidupan jemaat “Tiberias” Kiniar yang penuh dengan keberuntungan, kebahagiaan dan diwarnai dengan sorak-sorak dan canda tawa. Inilah bukti bahwa TUhan sangat mengasihi jemaat “tiberias” Kiniar. Anugerah TUhan nyata bagi kehidupan kita di Kiniar.
N2                    Pertanyaannya apa respon kita? Apa yang harus kita perbuat ketika melihat berkat Tuhan yang melimpah dalam kehidupan kita?
Solo “Andaikan ku harus memilih”

N1                    Marilah kita mempersiapkan kedatangan Tuhan dengan memberi diri kita sepenuhnya untuk TUhan. memberi diri sepenuhnya untuk pekerjaan pelayanan dan kesaksian gereja.
N2                    Marilah kita menyambut dan merayakan Natal dengan penuh kesederhanaan; dalam kesederhanaan, kita mengingat saudara-saudara yang tidak seberuntung kita. Dengan kesederhanaan kita merenungkan kembali bagaimana Yesus dilahirkan.

 “o Holly Night”

N1                    Lilin ini menandakan kedatangan kristus. Menghapus segala dosa manusia, memberikan kepastian akan masa depan yang penuh dengan kebahagiaan.
N2                    kepastian akan masa depan yang penuh bahagia telah diberikan lewat kedatangan-Nya kedunia. Tinggal tergantung kita, apakah mau mempertahankannya atau melepaskannya.
N1                    mempertahankannya!
N2                    Giatlah dalam segala pekerjaan dan pelayanan Tuhan.
N1                    mempertahankannya!
N2                    Pekalah terhadap mereka yang membutuhkan bantuan.
N1                    Mempertahankannya!
N2                    Marilah kita saling menghargai dan menghormati, baik dalam keluarga, pekerjaan terlebih dalam pelayanan.

P                      Tuhan yang sudah datang, berkarya dalam dunia dan yang pasti datang akan menuntun kita dalam penantian ini.

(lampu dinyalakan)

PEMBACAAN DAN PERENUNGAN FIRMAN
Nyanyian Jemaat “hark the herald angel sing”
·         PEMBACAN ALKITAB
·         RENUNGAN NATAL

PENGUCAPAN SYUKUR
N1                    Berita tentang kelahiran sang juruslamat sampai di sebuah negeri yang letaknya disebalah Timur. Berita itu mengerakkan hati beberapa orang bijak yang kita kenal sebagai orang majus.
N2                    Orang majus ini datang dari negeri asing. Bisa dikatakan sebagai bangsa kafir.
N1                    Mereka mewakili semua bangsa yang mengaku percaya kepada TUhan, mereka rindu untuk menyembah dan memberikan apa yang mereka miliki kepada TUhan.
N2                    : BAGAIMANAKAH DENGAN KITA YANG MENGAKU SEBAGAI ORANG PERCAYA? 

PERSEMBAHAN
Nyanyian jemaat       “Whispering Hope”
Pundi persembahan dijalankan oleh penari (anak sekolah minggu)

DOA SYUKUR

NYANYIAN PENUTUP                                                                                     (jemaat berdiri)
Nyanyian Jemaat “Hai siarkan digunung”

…Bunyi Tetenkoren…

P                      Yang datang menyembah Juruslamat dengan penuh percaya, berhak menjadi anak Allah. karena itu, marilah sebagai anak Allah dengan tidak jemu memberitakan kabar natal dan mari kita merayakan Natal dengan semua orang dalam kesederhanaan.
BERKAT:
P                      Berkat, perlindungan, kasih karunia dan damai sejahtera dari Bapa, putera dan Roh Kudus akan selalu menaugi kita semua; dahulu, sekarang dan tetap selama-lamanya.
J                       Amin, Amin, Amin, Amin, Amin! (dinyanyikan)

…Saat teduh…
 Situasi
Di tata semegah mungkin, semarak dan penuh dengan nuansa natal. Dibutuhkan pencahayaan yang menarik. Banyak bermain dengan pencahayaan.

No comments:

Post a Comment