Tuesday, May 31, 2011

A WALK IN REMEMBER


DI ADAPTASI DARI SEBUAH NOVEL KARYA NICHOLAS SPARKS
Tokoh utama dalam film ini adalah Jamie Elisabeth Sillivan dan Landon Rollins Carter. Film ini merupakan drama percintaan yang memiliki nilai-nilai kekristenan.
Cerita Dimulai dari sebuah pabrik. London dan Gankx, membuat sebuah penerimaan anggota baru (namax clay) yang berakhir tragis. Kecelakaan terjadi ketika Clay yang akan menjadi anggota baru tersebut disuruh melompat dari tempat tinggi ke dalam air. Ketika melompat, kepalanya terbentur pipa. Ketika kecelakaan itu terjadi seorang penjaga memergoki mereka. Teman-teman Landon  melarikan diri. Landon berusaha menolong clay yang terluka; karena merasa bersalah atas kecelakaan itu. setelah menolong clay dan membawanya ke pingiran kolam Landon pun mencoba kabur dari kejaran polisi. Naas baginya, pelariannya menjadi sebuah kecelakaan mobil yang membuatnya terluka; kakinya harus terluka dan mengunakan tongkat untuk berjalan.
Landon ditahan; namun karena dia tidak mengaku terlibat dalam kecelakaan itu dan korban pun tidak menceritakan peristiwa yang sebenarnya, maka landon pun dibebaskan. Setelah dibebaskan, dia mendapatkan hukum dari sekolahx, yaitu membantu petugas Office Boy membersihkan sekolah, memberikan les privat kepada juniornya, dan ikut dalam pementasan drama sekolah. Kegiatan-kegiatan yang berbeda dengan kehidupannya sebelumnya. Yang dikenal sebagai anak yang popular, anak yang nakal, tidak mau menurut, menganggap rendah orang lain, tidak pernah menyapa terlebih dahulu. Dan, jarang datang ke gereja. 
Ketika harus melakukan pekerjaan yang berbeda dengan kehidupannya, awalnya Landon merasa ogah-ogahan, namun dia pun tetap melakukan hal itu. Disinilah, sikap dan prilaku Landon perlahan mulai berubah. Perubahan sikap dan prilaku ini juga disebabkan oleh Jamie Sullivan, seorang anak baik, rajin dan aktif di gereja, anak seorang pendeta, cara berpakaian kampungan (menurut teman2 Landon), tidak tahu merias diri, memiliki banyak talenta, pintar bermain music, menyanyi dan bermain drama, tertarik dengan luar angkasa, Berkeinginan untuk melihat komet “hyakutake”, memiliki sikap yang teguh, dan apa adanya. Seseorang yang seolah-olah menerima dirinya apa adanya dan menikmati kehidupannya, namun menyimpan pergumulan yang berat.
Landon dan Jamie sebenarnya sering bertemu sejak kecil malahan segala kegiatan Jamie diketahui oleh Landon dengan tepat. Namun karena ke-ego-an  Landon yang adalah anak popular membuatnya menjauhi Jamie. Bahkan sampai ketika mereka sering bertemu karena tugas yang harus dilaksanakannya, Landon tetap tidak menginginkan teman-2nya yang “gaul” mengetahui pertemanannya dengan Jamie. Maklumlah, jemie disekolah dikenal oleh teman-temannya sebagai anak yang kampungan.
Pertemuan yang sering terjadi membuat Landon jatuh cinta kepada Jamie. Dari sinilah dimulai kisah percintaan antara Landon dan Jamie. Rasa cintanya kepada Jamie membuat sikap dan prilaku landon berubah. Landon pun mulai terang-terangan soal hubungannya dengan Jamie. Keegoaan landon mulai luntur dan dia mulai bisa menghargai orang lain. Bahkan dia bisa memaafkan ayahnya.
Jamie mengidap penyakit Leukimia. Berita yang membuat Landon sangat terpukul. Namun, lewat berita ini, kecintaannya kepada Jamie semakin Tulus. Diapun berusaha memberikan kebahagiaan dimasa-masa akhir kehidupan Jamie. Berusaha mengabulkan semua harapan n keinginan Jamie. Berada di 2 tempat sekaligus dan menikah di gereja tempat orang tuanya menikah. Suatu malam ketika melihat komet hyakutake Landon melamar Jamie, mereka menikah. Dan keinginan utama Jamie dapat terwujud; menikah di gereja tempat orang tuanya menikah. Tidak berapa lama Jamie meninggal, Landon melanjutkan sekolah kedokterannya. Dan tetap dia tidak bisa  melupakan sosok Jamie yang telah merubah dirinya dan masa depannya.
film yang patut di tonton. Sangat menyentuh dan memiliki nilai-nilai kristiani. Hal yang dapat dimaknai dari film ini; memang sulit untuk keluar dari kebiasaan dan memasuki kebiasaan yang lain. Namun semua itu bisa terjadi, asalkan kita bersedia mencobannya. Seorang ayah yang sangat sayang kepada anaknya sampai-sampai merasakan ketakutan yang berebihan ketika anaknya mulai menjalani hubungan dengan seorang pria, apalagi seorang pria yang memiliki reputasi buruk. Seorang ayah yang meninggalkan anaknya, sampai-sampai anaknya membenci ayahnya dan bermuara pada sikap hidup anak yang nakal. Sebuah cinta yang tulus. Menjadi sosok yang apa adanya.
Sebuah kata indah; Dalam percakapan Jamie dengan ayahnya yang adalah seorang pendeta:
Sang ayah        “kamu mungkin tidak peduli tentang apa yang ayah katakan dan pikirkan… tapi kau harus peduli dengan pendapat Tuhan”.
Jamie               ; “kurasa Tuhan menginginkanku bahagia”.



No comments:

Post a Comment