Saturday, September 11, 2010

PENGALAMAN INDAH DALAM SEBUAH KOMUNITAS POSITIF

Datang, tinggal, lihat, dan rasakan. Inilah yang telah aku jalani selamat sepekan di komunitas diosesan. Tinggal dan merasakan keseharian dari mereka yang disebut frater; yang disiapkan untuk menjadi seorang pastor. Jujur, aku terpanah dengan semua “kemewahan” yang mereka miliki. Semua fasilitas disediakan dalam “lembaga gereja milik umat ini”. tempat ini menjadi sebuah gambaran tempat/ rumah yang indah dan nyaman untuk tinggal dan menetap. Namun dibalik lengkapnya fasilitas yang ada ini, terdapat aturan mutlak yang harus dijalani oleh para frater termasuk aku yang mendapat kesempatan menjadi frater selama satu minggu. Hehehe… Semua fasilitas boleh digunakan tapi semua aturan harus dilakukan; termasuk bangun pukul 5 pagi. Itupun harus segera mandi dan dilanjutkan dengan ibadah bersama. Sebuah aturan dan kegiatan yang jarang aku lakukan sebelumnya.
Selama sepekan bersama para frater dan turut menjadi frater membantu aku lebih mengenal lebih dekat komunitas diosesan ini. Bagiku komunitas ini adalah komunitas yang bersahaja dalam rutinitas yang ketat dan terjadwal. Komunitas yang benar-benar dilatih dan dibentuk untuk siap menjadi pemimpin umat. Sangat terbuka namun memiliki keteguhan. Modern; tapi tidak terhisap kedalamnya. Pokoknya komunitas yang berbeda dengan apa yang ada dipikiranku sebelum tinggal bersama dengan mereka.


Waktu satu minggu mungkin merupakan waktu yang sangat singkat untuk saling mengenal lebih dalam. Namun waktu satu minggu menjadi waktu yang cukup untuk menggoreskan cerita, kenangan dan pengalaman indah dalam kertas kehidupanku. Waktu yang cukup untuk mendapatkan persahabatan yang mengesankan. Harapanku, semoga persahabatan ini dapat terus berlangsung setelah pekan pertekuran ini; bahkan dapat terus berlangsung untuk selamanya.
Akhirnya, slamat berjuang for tamank2 di komunitas Diosesan. Berjuang untuk mencapai panggilan dan mewujudkan panggilan-Nya.




02-2010

No comments:

Post a Comment